Breaking News
recent

Media Iklan (Advertising) luar ruang

MEDIA IKLAN


Media periklanan luar ruangan merupakan salah satu media yang diletakan di luar ruangan yang pada saat ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, yang memiliki tujuan menyampaikan pesan promosi suatu produk atau jasa. Sedangkan menurut pakar ahli. Fandy Tjiptono (2008:243)“Media Luar ruangan adalah media yang berukuran besar dipasang ditempat-tempat terbuka seperti dipinggir jalan, dipusat keramaian atau tempat-tempat khusus lainnya, seperti di dalam bus kota, gedung, pagar tembok dan sebagainya.”Menurut Sigit Santosa (2009:168)“Media Luar ruangan adalah semua iklan yang menjangkau konsumen ketika mereka sedang berada di luar rumah atau kantor. Media luar ruangan membujuk konsumen ketika mereka sedang di tempat-tempat umum, dalam perjalanan, dalam ruang tunggu, juga di tempat-tempat terjadi transaksi”sumber Universitas Pendidikan Indonesia


Contoh media iklan luar ruang:

1.     Billboard
Billboard bentuk promosi iklan luar ruang dengan ukuran besar. Bisa disebut juga billiboard adalah bentuk poster dengan ukuran yang lebih besar yang diletakkan tinggi di tempat tertentu yang ramai dilalui orang.Billiboard termasuk model iklan luar ruang (outdoor advertising) yang paling banyak digunakan. Perkembangannya pun cukup pesat. Sekarang di jaman digital, billboard pun menggunakan teknologi baru sehingga muncullah digital billboard. Ada juga mobile billboard yaitu billboard yang berjalan ke sana ke mari karena di-pasang di mobil (iklan berjalan). Mobile billboard sendiri sekarang sudah ada yang digital mobile billboard.
Di Indonesia, billboard punya definisi sendiri, yaitu Billiboard yang berbentuk bidang dengan bahan terbuat dari kayu, logam, fiberglas, kain, kaca, plastik, dan sebagainya yang pemasangannya berdiri sendiri, menempel bangunan dengan konstruksi tetap, dan reklame tersebut bersifat permanen. Jadi papan iklan di atas toko pun masuk kategori billboard.


2.     Spanduk
Definisi spanduk kain rentang yg berisi slogan, propaganda, atau berita yg perlu diketahui umum
pengertian kata spanduk adalah kain membentang biasanya berada tepi – tepi jalan yang berisi text, warna dan gambar. spanduk merupakan suatu media informasi. Spanduk bisa kita buat sendiri, bisa dengan menggunakan cat, sablon(screen printing) ataupun dengan cara cat mesin (offset). Itu lah definisi dari ilmu spanduk.
Spanduk adalah media promosi yang cukup populer belakangan ini karena harganya yang murah dan proses pengerjaannya yang cepat. Jaman Sekarang ini Sudah Banyak Perusahaan Yang bergerak di bidang periklanan memiliki mesin Digital Print Sendiri.

3.     Sign Board Papan penunjuk letak toko atau instansi terkait, biasannya berpentuk papan atau MMT yang bertuliskan nama dan arah menuju tempat

4.     Neon BoxNeon Box merupakan alternatif lain untuk media promosi, variasi bentuk dan warna sekaligus memadukan unsur pencahayaan, dapat menarik perhatian khalayakNeon box adalah bagian media promosi outdoor yang umumnya berbentuk box (kotak) dan diterangi lampu neon dari dalam box itu sendiri. Corak dan model biasanya mencerminkan identitas corporate/usaha itu sendiri.

5.     Shop Sign    Shop Sign adalah sejenis papan nama usaha sebagai identitas dari perusahaan tersebut. Media ini biasanya menempel tidak jauh-jauh dari gedung tempat usaha agar klien/konsumen juga tidak jauh-jauh bertanya dan mudah mengenali.


Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.